Seharian Jakarta Mendongeng

 

 

IMG20181028105512-jakarta mendongeng IMG20181028110226-jakarta mendongeng IMG20181028110303-jakarta mendongeng

 

Hari┬áMinggu tanggal 28 Oktober 2018 kemarin, di lantai 4 Gedung Perpustakaan Nasional padat dengan anak-anak yang kelihatan semangat sekali. Ada acara apa gerangan? Olala, ada acara “Seharian Jakarta Mendongeng”. Seru, lho! Ruangan dilaksanakannya acara mendongeng penuh dengan anak-anak yang datang bersama ayah dan ibunya. Dengan serius mereka menyimak dan mengikuti dongeng-dongeng yang dibawakan oleh para peserta.

Teman-teman, salah satu pendongeng yang tampil adalah Ibu Morita yang berasal dari Jepang. Ibu Morita membawakan cerita rakyat Jepang yang berjudul Momotaro. Kisah turun temurun itu terkenal lho di negeri Sakura sana.

 

Dikisahkan sepasang kakek nenek yang sudah tua tinggal di desa. Suatu hari Nenek menemukan momo (buah peach) yang hanyut di sungai. Sampai di rumah ketika buah tersebut dibelah, keluarlah anak kecil mungil. Nenek dan kakek menyayangi anak yang diberi nama Momotaro itu hingga si anak tumbuh besar.

 

Setelah remaja dan cukup umur, Momotaro meminta ijin kepada Nenek dan Kakek untuk pergi ke pulau Hantu. Di sana ada hantu yang sering merampas harta manusia. Dengan berbagai rintangan dan bahaya, Momotaro berhasil melaksanakan keinginannya.

 

Nah, teman-teman… Apakah kalian menyukai kisah-kisah legenda? Kalau suka, tunggu ya di portal Megan dan Aku ini, akan ada kisah-kisah cerita rakyat atau dongeng juga.